Halaman

Selasa, 11 Juni 2013

Pemanfaatan Gelombang Laut


Gelombang dalam perambatannya membawa inergi atau dalam kata lain gelombang memindahkan energi. Salah satu contoh sederhana energi dapat merambat melalui gelombang adalah panas yang sampai ke permukaan bumi adalah energi yang dibawa oleh gelombang  yaitu gelombang cahaya. Contoh lain adalah energi yang terdapat pada gelombang laut.

Gelombang  laut  termasuk gelombang  mekanik dengan medium untuk perambatannya adalah  air.  Gelombang laut disebut  gelombang ombak  dalam perambatannya  membawa energi  dari tengah laut  menuju pantai .Energi gelombang ombak inilah yang  dimanfaatkan para peselancar  untuk meluncur di atas ombak.

Gelombang ombak yang ditimbulkan oleh arus samudera, angin, dan tarikan pasang surut bulan memulai gerakannya  di laut(samudera) lepas jauh dari pantai.  Saat bergerak menuju pantai gelombang melambat dan mengumpul menjadi lebih tinggi. Hal ini terjadi akibat makin menuju kearah pantai  dasar laut makin dangkal (perhatikan gambar)

gelombang ditengah laut

gelombang mendekati pantai

Pada saat gelombang timbul jauh ditengah laut gelombang lebar berbentu simetris dan bergerak sangat cepat. Pada saat gelombang mendekat ke pantai yang dasar lautnya mulai dangkal maka gelombang akan, melambat  dan mengumpul sehingga puncaknya akan tumpah pada gelombang tersebut. Para peselancar memanfaatkan  gerakan ini dengan menaiki sebuah gelombang  yang mulai pecah untuk meluncur. Dengan berdiri diatas papan  dan sedikit di belakang bagian tengahnya.  Dengan menyeimbangkan badannya sambil sedikit mendorongkan hidung papan diatas air  kemudian menggerakkan papan menyamping memotong gelombang . Selanjutnya papan akan didorong oleh suatu gabungan gaya  grafitasi dan gaya apung  serta gerak gelombang itu sendiri kedepan menuju pantai.

Itulah salah satu pemanfaatan energi  gelombang dalam bidang olah raga dan pariwisata  tentunya kita berharap suatu saat gelombang ombang bisa dimanfaatkan buat yang lain misalnya menjadi energi listrik. Bila berhasil memanfaatkan energi gelombang untuk energi listrik bisa menambah kekurangan energi di tanah air khususnya energi listrik dan gelombang laut merupakan sumber energi yang tidak akan habis.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis kritik dan saran untuk blog ini....Agar semakin maju...

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

(To help this blog Click JOIN THIS SITE Icon in right corner )

And Please Don't Forget to comment after read my article....
(^_^)

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::