Halaman

Selasa, 11 Maret 2014

Email Sebagai Sarana Komunikasi



Pengertian Email
Surat elektronik atau electronic mail atau disingkat email adalah surat yang berbentuk elektronik. Email merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan email, pengguna internet dapat mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang sangat murah. Email yang dikirimkan akan sampai dialamat tujuan hanya sesaat saja setelah email tersebut dikirimkan dan biaya yang dikeluarkan hanya biaya untuk mengakses internet ketika mengirimkan email tersebut.



Pengertian Email (electronic Mail) adalah fasilitas dalam internet yang berfungsi untuk mengirim serta menerima berita atau pesan kepada/dari seseorang. E-mail account adalah alamat yang dimiliki seseorang sebagai kotak pos yang dituju oleh pengirim agar sampai pada alamat yang diinginkan. Dengan email, biaya dan waktu pengiriman dapat diminimalkan, karena pesan dapat dikirimkan ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang bersamaan tanpa adanya tambahan biaya.


Konsep email sama dengan pengiriman surat pos biasa. Setiap orang mempunyai kota pos sendiri dengan alamat sendiri. Pengiriman surat tinggal mengirimkan surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula, kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang dikirim. Demikian juga dengan email, setiaqp orang mempunyai alamat email masing-masing. Jika ingin mengirim email, pengirim tinggal mengirimkan ke alamat email penerima dan email tersebut akan ditemukan ketika penerima masuk dan membuka kotak emailnya.

Keuntungan lain mengirimkan surat dalam bentuk email adalah kemampuan email untuk dikirimkan kepada banyak penerima.



       1.Beberapa tips agar password tidak mudah dipecahkan oleh orang lain adalah :

1. Biasakan membuat password yang terdiri atas campuran huruf dengan angka

2. Jangan gunakan satu huruf pada pssword untuk hal-hal penting karena akan mudah dipecahkan oleh orang lain.

       2. Keuntungan menggunakan e-mail :

1. Menghemat waktu

2. Memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memberikan berita penting yang tidak mengenal batas ruang dengan waktu yang relatif singkat.

3. Sebagai penyedia jasa layanan surat/berita yang dapat dipergunakan dengan cepat

4. Memberikan layanan penyalur berita atau pesan yang murah

5. Memberikan kemudahan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh orang di manapun berada.



       3. Mendaftar email melalui Yahoo

1. Klik start

2. Pilih program

3. Klik browser, misalnya Mozila

4. Ketik www.yahoo.com pada address bar

5. Setelah tampil homepage yahoo klik sign up

6. Isi formulir yang telah tersedia

7. Klik Create My Account, setelah proses loading selesai akan muncul halaman konfirmasi bahwa registrasi kita berhasil.



       4. Mengirim email

1. Klik start

2. Pilih program

3. Klik browser, misalnya Mozila

4. Ketik www.yahoo.com pada address bar

5. Klik masuk atau sign in

6. Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in

7. Setelah muncul halaman e-mail, pilih compose

8. Masukkan alamat email tujuan, Cc dan Bcc (jika ada), dan subjek. Ketik isi surat

9. Jika ingin melampirkan file klik lampiran (attach files), lalu klik browse kemudian cari file yang akan dilampirkan, klik open. Klik attach files, tunggu beberapa saat sampai proses attaching files selesai. Klik continue to message

10. lalu setelah selesai klik send. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul halaman konfirmasi



       5. Membuka dan menjawab email (reply)

1. Klik start

2. Pilih program

3. Klik browser, misalnya Mozila

4. Ketik www.yahoo.com pada address bar

5. Klik masuk atau sign in

6. Ketik nama yahoo ID, masukkan pasword klik sign in

7. Setelah muncul halaman e-mail, pilih inbox untuk melihat daftar e-mail yang masuk.

8. Untuk melihat isi surat, klik salah satu surat yang ingin di baca pada list yang ber-link

9. Jika ingin membalas surat, klik reply

10. tuliskan isi e-mail jawabannya, lalu klik send.



       6. Menyimpan email dalam hard disk dan mencetaknya

1. Ikuti langkah membuka email samapai langkah ke 7

2. Setelah email terbuka klik menu file pada toolbar, klik save as, kemudian keluar dialog save web page. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan

3. Klik save untuk menyimpan.

4. Klik menu file lalu pilih print / tekan ctrl+p kemudian klik ok


0 komentar:

Posting Komentar

Tulis kritik dan saran untuk blog ini....Agar semakin maju...

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

(To help this blog Click JOIN THIS SITE Icon in right corner )

And Please Don't Forget to comment after read my article....
(^_^)

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::